Detail Berita

Wisata

Malang bagian selatan memang sudah tersohor dengan wisata pantainya yang sangat cantik. Tidak cuma di kawasan Sumbermanjing dan Donomulyo, kamu juga bisa menemukan sejumlah pantai memesona lainnya di daerah Tirtoyudo.

Kalau kamu belum familiar dengan Tirtoyudo, ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Malang yang berbatasan dengan Dampit di sebelah barat dan Wajak di sisi utara. Sementara, di bagian selatan, wilayah ini bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia.

Berbatasan dengan laut selatan yang luas, tidak mengherankan jika kemudian Tirtoyudo memiliki sederet pantai yang oke, yang gak kalah keren dibandingkan kawasan Sumbermanjing dan Donomulyo. Di mana saja itu? Intip info lengkapnya berikut.

1. Pantai Sipelot

Salah satu pantai di Malang selatan yang mulai hits akhir-akhir ini. Pantai Sipelot dapat kamu temukan di Desa Pujiharjo, Tirtoyudo. Dari Malang, kamu bisa melalui Gadang, Bululawang, lalu Turen, kemudian Dampit dan ke Tirtoyudo.

Yang menarik dari pantai ini adalah suasananya yang damai dan tenang karena belum terlalu banyak wisatawan yang datang. Tidak cuma pasir putih dan air laut, Pantai Sipelot juga menawarkan spot air terjun menyegarkan dengan ketinggian sekitar 10 meter.

2. Pantai Lenggoksono

Seperti namanya, spot liburan ini berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pantai Lenggoksono menawarkan paket yang komplet, mulai pesona lautan, pemandangan tropis, area berenang, hingga snorkeling.

Seiring populernya tempat ini, sejumlah fasilitas pun didirikan untuk kenyamanan wisatawan. Kamu sudah bisa menemukan warung, toilet, sewa perahu, hingga sewa alat selam. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, cuma Rp10 ribu per orang.

3. Pantai Bolu Bolu

Tidak jauh dari Pantai Lenggoksono, kamu juga bisa menemukan pantai eksotis lainnya bernama Pantai Bolu Bolu. Destinasi ini bisa dicapai setelah melewati medan yang lumayan terjal dari Pantai Lenggoksono sejauh 5 km.

Meski perjalanan sedikit berat, perjuanganmu dijamin tidak sia-sia. Pasalnya, Pantai Bolu Bolu menawarkan panorama yang kece, serta ombak yang cukup bersahabat sehingga cukup aman untuk berenang. Buat yang suka snorkeling, juga bisa melakukan hobi tersebut.

4. Pantai Banyu Anjlok

Masih berada di sekitaran Lenggoksono, wisata pantai lainnya yang juga gak kalah keren adalah Pantai Banyu Anjlok. Untuk menuju pantai ini, disarankan menggunakan sepeda motor atau jasa ojek karena medan yang dilalui cukup sempit dan terjal.

Dinamakan Banyu Anjlok karena pantai ini juga menghadirkan air terjun setinggi 7 meter yang berdekatan dengan bibir pantai, sekaligus menjadi lokasi favorit untuk berfoto. Selain itu, turis juga bisa mengunjungi Goa Sarang Dompet.

5. Teluk Kletekan

Objek wisata kece lainnya yang juga bisa kamu temukan tak jauh dari Pantai Lenggoksono adalah Teluk Kletekan. Ini adalah salah satu spot favorit wisatawan untuk snorkeling atau diving karena punya pesona bawah laut yang tiada tara.

Untuk menuju teluk ini, kamu bisa menyewa perahu dari Pantai Lenggoksono dengan tarif sekitar Rp50 ribuan per orang. Namun, kalau ingin memacu adrenalin, bisa menelusuri jalan setapak di tebing, baik trekking atau mengendarai sepeda motor.

6. Pantai Wedi Awu

Satu lagi pantai eksotis yang terletak di kawasan Tirtoyudo. Pantai Wedi Awu berada di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo. Destinasi ini terletak tidak jauh dari Pantai Lenggoksono, hanya dipisahkan Bukit Tumpak Wi.

Apa yang menarik dari pantai ini? Pasir pantai berwarna cokelat kehitaman yang eksotis siap menyambutmu, plus dentuman ombak pantai selatan yang khas. Karena punya ombak yang bagus, pantai ini sangat cocok buat mereka yang hobi berselancar.

7. Pantai Wedi Putih

Malang tidak cuma punya Pantai Teluk Asmoro sebagai replika Raja Ampat. Di kawasan Tirtoyudo, pesona yang hampir sama ditawarkan Pantai Wedi Putih. Di sini, kamu bisa menemukan deretan batu karang yang berjejer rapi membentuk sebuah gugusan.

Seperti namanya, pantai ini memang memiliki pasir yang putih bersih dan lembut. Karena belum begitu populer dan dikunjungi wisatawan, suasana Pantai Wedi Putih sangat asri dan nyaman, cocok untuk refreshing menghilangkan penat.

 

Berita Lain